Pengalaman Ikut Kopdar Reksa Dana Manulife Untuk Pertama Kali

By Manjie - 07.26

Terkadang finansial yang cekak membuat patah semangat saat keadaan benar-benar sulit, jangankan untuk kebutuhan pengembangan usaha, untuk kebutuhan dapur rumah saja setengah mati mencukupinya, kini usaha berlahan mulai sedikit menuai hasil, pikirku kenapa tidak mulai belajar tentang berinvestasi, hanya saja investasi semacam apa aku masih bingung karena belum paham ilmunya. Untungnya, Minggu (30-10-2018) aku mendapat kesempatan untuk belajar bareng Reksa Dana Manulife di kantornya di Jalan Pandanaran, Semarang. Apa saja yang aku pelajari, dan apakah acara Kopdar Investarian itu bisa membuatku mengerti soal dunia finansial dan investasi? kepoin yuk!

Kopdar Reksa Dana Manulife

Pengalaman Ikut Kopdar Reksa Dana Manulife Untuk Pertama Kali

Belakangan ini sedang merintis usaha di media online, tahun tahun sulit untuk mewujudkan mimpi membuat portal berita di media online menguras tenaga, pikiran, waktu dan finansial yang tidak sedikit untuk operasionalnya, lalu berlahan usaha mulai membuahkan hasil meski sedikit, pertanyaan selanjutnya pernah tidak sih kalian merasa susah banget nyisihkan uang untuk ditabung dan berinvestasi?

Kalau aku jelas sangat kesulitan. Ceritanya bukan soal tidak ada niat untuk menabung, tapi kadang tabungan seakan jadi talang air yang isi rekeningnya hanya ,  lewat begitu saja hahahaha... hasilnya rekeningnya selalu limit atau mengalir entah kemana.

Kopdar Reksa Dana Manulife

Saat Kopdar Investarian bersama Manulife kemarin sempat diadakan polling, aku jadi penasaran pengin tahu apakah teman-teman lain mengalami hal yang sama juga atau tidak? Saat pertama ditanya soal keadaan keuangan masing-masing saat ini. Sebagian besar sih, menjawab kalau sudah bisa nabung meski sedikit, sebagian yang lain kondisi keuangannya pas-pasan ama sepertiku.

Di Kopdar Investarian ini, aku jadi mulai memahami bahwa menyisihkan uang untuk ditabung itu bagus, namun bila kita ingin tabungan kita berkembang maka kita perlu belajar berinvestasi. Kenapa kita perlu berinvestasi? Masing-masing orang pasti punya tujuan investasi yang berbeda-beda. Kalau aku jelas ingin mewujudkan cita-cita mengelola sebuah perusahan media online, kesannya ambisi pribadi sih, tapi sebenarnya aku ingin meninggalkan warisan aset yang terus berkembang untuk anak-anakku kelak.

Pas banget, hari itu Pak Legowo selaku Presdir dari Manulife Asset Management turun langsung untuk membukakan mata kita soal yang namanya inflasi. Awalnya sebagian dari kita mungkin berpikir kalau inflasi ini urusannya negara, tapi waktu dijelaskan soal analogi harga ayam goreng, langsung mulai paham bahwa inflasi yang di isukan kurang dari 4% itu, aslinya jauh lebih tinggi dari itu.

Ini ilustrasinya.

Tahun 1998 harga ayam goreng masih 2500,-. Dua puluh tahun kemudian harganya menjadi 20.000,-. Naiknya berapa persen coba? Itu baru soal ayam goreng, belum biaya hidup lainnya, misalnya pendidikan anak. Nah, inflasi inilah yang sebenarnya diam-diam mengerogoti daya beli kita. Gaji yang kita terima mungkin naik, namun harga barang-barang juga naik, sehingga membuat daya beli kita yang turun, jadi ingat kata-kata yang sering diucap temanteman buruh, "jaman dulu budak tidak digaji tapi diberi makan, sekarang buruh digaji tapi hanya cukup untuk makan" duh..

Kopdar Reksa Dana Manulife

Setelah buka-bukaan tentang fakta tersebut, aku mulai paham kalau sebenernya caraku mengelola keuangan selama ini belum sesuai dengan pengeluaran dan kebutuhan di masa depan. Disinilah kenapa kita harus mulai belajar melakukan investasi. Lalu investasi seperti apa yang bisa membuat kita semangat menabung?

Sejak dahulu sudah sering mendengar bila ingin melakukan investasi, hanya saja sebenarnya Reksa Dana itu apa, kan aku sama sekali tidak paham, jangan-jangan macam MLM, ah anti aku kalo membahas itu.

Semuanya masih tanda tanya sampai saat awal Kopdar, dan ternyata reksadana beda loh dengan MLM. Sama juga dengan Manulife, ada yang bergerak di bidang asuransi, yaitu Asuransi Jiwa Manulife, dan ada yang bergerak dibidang Asset Management, yaitu MAMI atau Manulife Asset Management Indonesia. Nah, Reksa Dana itu ada di bawahnya MAMI.

Terus Reksa Dana itu apa?

Reksa Dana itu program investasi yang menggabungkan modal dari banyak investor, dan berinvestasi pada beragam instrumen, serta dikelola secara profesional oleh perusahaan pengelola aset atau manajer invesatsi. Ibaratnya gini, satu kelas ngumpulin uang. Dikumpulin ke ketua kelas untuk kemudian dikelola supaya uangnya berkembang.

Lalu bagaimana caranya berkembang?
Uang yang sudah terkumpul tadi bakal diinvestasikan ke Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Campuran, atau Reksadana Saham. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Termasuk tingkat resikonya juga.

Apa kelebihan saat kita melakukan investasi dengan Reksa Dana Manulife dengan yang lainnya?

Sebelum kita membahasnya kita harus paham terlebih dahulu apa yang harus dipahami mengenai investasi seperti berikut;
  1. Modal yang diperlukan apa? 
  2. potensi hasilnya bagaimana? 
  3. likuiditasnya apakah mudah? 
  4. Modal yang diperlukan itu bisa berupa dana minimal, kapan waktu untuk mengelolanya, juga pengetahuannya. 
Sebagian teman-teman blogger yang hadir di Kopdar Investarian inikan sudah menabung. Kita ambil contoh yang nabungnya pakai emas. Untuk modalnya hanya cukup ada dana untuk beli emas saja. Sayangnya, nabung emas itu hanya berpotensi mengamankan harga saja meski sebenarnya hasilnya tidak bisa mengalahkan laju inflasi. Kalau untuk likuiditasnya bolehlah.

Jenis Reksa dana juga bermacam-macam :

  1. Reksa Dana Pasar Uang yang seluruhnya instrumen diletakkan di pasar uang. Potensi hasil & fluktuasi cenderung stabil. 
  2. Reksa Dana Pendapatan Tetap : penempatan minimal 80% pada obligasi. Potensi hasil & fluktuasi rendah. 
  3. Reksa Dana Campuran : porsi obligasi dan saham lebih imbang. Potensi hasil & fluktuasi sedang. 
  4. Reksa Dana Saham : minimal penempatan dana 80% saham. Potensi hasil & fluktuasi tinggi. 
Di Kopar Investarian yang pertama ini, Pak Legowo memfokuskan tentang Reksa Dana Pasar Uang, yang cocok bagi pemula dan yang ingin mencoba-coba tentang investasi. Kelebihan Reksa Dana jenis ini adalah Stabil. Tolak ukurnya dari bunga deposito 1 bulan, beli dan bisa dicairkan kapan aja, lebih menariknya investasi minimal hanya 10 ribu rupiah saja.

Kopdar Reksa Dana Manulife

Kelebihan Reksa Dana sendiri antara lain :

  1. Fleksibel
  2. Likuid
  3. Aman 
  4. Bebas Pajak
  5. Terjangkau 
Agak terang nih tentang Reksa Dana, trus meh piye? halah malah logat Semarangan.Simpelnya sih gini, ketika kita sudah punya dana khusus, maka kita bisa membeli unit, atau yang dinamakan dengan Subscription. Sejumlah unit reksa dana tersebut nanti akan diinvestasikan misalnya ke pasar uang hingga berkembang, lalu bila kita membutuhkan dana tersebut, maka kita bisa melakukan penarikan atau redemption.

Pertanyaan selanjutnya belinya kemana, siapa yang akan jadi manajer investasi dari dana kita, nanti kalau mau ngambil gimana?Slow dulu... Inilah gunanya kita ikut kopdar dan mengenal Reksa Dana Manulife. Jadi, secara sederhananya bisa dikatakan sama bila kita buka akun rekening, bedanya kita bisa buka akun sendiri di sini. www.KlikMami.com Coba deh, buka dan ikuti langkah-langkahnya. Tentang MAMI ini, Mas Surya juga memberikan penjelasan yang bikin saya paham kenapa orang-orang merekomendasikan Manulife untuk berinvestasi.

Pertama, Manulife tetap survive meski Indonesia sempat mengalami krismon di tahun 1998. Jadi Manulife Asset Managemebt sendiri sudah ada di Indonesia selama 19 tahun. Dana kelolaannya saat ini sudah mencapai 67 Triliun. Itu artinya dia dipercaya banyak nasabah, dong. Selain itu, Manulife masuk TOP 3 manajer investasi terbesar di Indonesia, dan selama 4 tahun terakhir ini sudah mendapatkan 35 penghargaan.

Dengan data-data tersebut aku jadi semakin yakin untuk belajar berinvestasi bersama Reksa Dana Manulife. Kalian bagaimana, sudah mulai belajar berinvestasi belum?



Informasi Lebih Lanjut :
Facebook : @reksa.dana.manulife
Instagram : @reksa.dana.manulife
Twitter : @ManulifeRD

Minat gabung pake kode ini MANJI9U4

  • Share:

You Might Also Like

1 comments